Adds

Kamis, 13 Maret 2014

Barca Singkirkan City

Barcelona melaju mulus ke babAak perempat-final Liga Champions setelah berhasil menekuk Manchester City dengan skor 2-1 (agregat 4-1) di Camp Nou, Kamis (13/3) dini hari WIB.

Lionel Messi dan Dani Alves jadi bintang Balugrana dengan memecundangi Joe Hart. Sementara kapten City, Vincent Kompany, jadi satu-satunya pemain yang sukses menggetarkan jala Barca. Jual-beli serangan tersaji mahal dalam laga ini.

Babak kedua

Awal paruh pertama berlangsung cukup baik bagi Manchester City. Mereka jadi tim yang mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu yang berpusat pada duo jangkar elegan, Yaya Toure dan Fernandinho. Pablo Zabaleta dan Aleksander Kolarov juga aktif di sisi kanan dan kiri City.

Perlahan namun pasti, Barca menunjukkan bahwa mereka adalah empunya Camp Nou. Peluang pertama lahir dari kaki Xavi di menit keenam. Menerima bola muntah dari Nayemar, sepakannya masih belum menemui sasaran.

Menit ke-17 tuan rumah mencetak gol melalui striker pujaan Brasil tersebut. Sayang, dirinya terjebak offside terlebih dahulu. Mobilitas yang ditunjukkan Lionel Messi, Neymar, dan Andres Iniesta benar-benar membuat lini pertahanan The Citizens kelimpungan. Beruntung tak ada gol yang terjadi dari gempuran serangan di setengah jam babak pertama.

Memasuki seperempat jam jelang turun minum, City dua kali memperoleh kans emas yang berasal dari David Silva dan Samir Nasri. Di menit ke-37 sepakan keras Silva dari sisi kiri pertahanan Barca masih melambung tipis. Peluang kedua datang empat menit berselang kala tembakan mendatar Nasri berhasil ditangkap Victor Valdes.

Bombardir serangan yang dilakukan kubu Blaugrana tiga menit jelang jeda jadi momen menarik. Sayangnya kedudukan 0-0 tetap tak berubah, meski Leo Messi dan Neymar dua kali menarik keluar Joe Hart dari sarangnya.

Babak Kedua

Pellegrini memulai babak kedua dengan memasukkan Edin Dzeko untuk mengisi pos Sergio Kun Aguero. Sahabat karib Leo Messi itu diharuskan istirahat karena cedera lututnya belum sembuh benar. Satu keuntungan buat tuan rumah.

Permainan terbuka lantas tersaji di dari kedua tim. Peluang demi-peluang datang silih berganti, salah satunya tentu penetrasi Messi di menit ke-57 yang nyaris saja berbuah gol. Berselang satu menit, sepakan khas Kolarov dari jarak jauh juga tipis di gawang Valdes.

Pada akhirnya kebuntuan yang berlangsung selama satu jam lebih pecah juga. Pelakunya adalah La Pulga yang menaklukkan Hart di menit ke-67. 

Berawal dari umpan Fabregas yang gagal dipotong Lescott, Messi secara tiba-tiba sudah dibelakang pemain City unruk menerima bola dengan baik. Usai digiring sebentar, bola kemudian diarahkan dengan pelan ke sisi kiri kiper. Skor kemudian berubah 1-0 untuk keunggulan Barca!Ketinggalan satu gol, mental para penggawa The Citizens runtuh sehingga reaksi yang mereka berikan pun terlambat, Pablo Zabaleta bahkan harus keluar karena kartu merah. Gol balasan dari Vincent Kompany baru tercipta di menit 89. 

Gol penghibur itu pun masih mampu dibalas Dani Alves di masa injury time untuk menegaskan keunggulan Barca menjadi 2-1! Tim Catalan akhirnya melesat mulus ke babak perempat-final dengan agregat 4-1 atas Manchester City.

Tidak ada komentar:

Klik